Sabtu, 15 Desember 2012

PANTAI MAMPIE


Picture Kawasan Wisata Pantai Mampie mempunyai potensi sebagai perwakilan tipe ekosistem payau, memiliki satwa endemik serta mempunyai keanekaragaman burung air dan burung migran. Pantai ini langsung berhadapan dengan Selat Makassar. Di lokasi ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengumpulkan Nener (bibit Chanos chanos) dan pernah ditemukan jenis Chelonia mydas. Di sebelah timur pantai Mampie sekarang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk Budidaya Rumput Laut.

Pantai ini memiliki beberapa Nilai keunikan antara lain;

  • Keanekaragaman jenisburung air dan contoh perwakilan ekosistem hutan bakau dan hutan pantai. Kawasan ini sering dikunjungi oleh Pelikan Australia Pelecanus conspicillatus yang merupakan penetap di kawasan Australia dan bermigrasi setiap tahunnya ke kawasan Asia.
  • Waterfowls habitat. Tempat persinggahan jenis burung migran Pelecanus conspicillatus yang berasal dari Australia
  • Hutan Bakau. Vegetasi didominasi oleh Api-api (Avicennia sp.). Merupakan habitat berbagai jenis burung, termasuk jenis migran dari Australia Pelecanus conspicillatus. Hutan bakau pada kawasan ini sudah banyak dikonversi menjadi tambak ikan bandeng Chanos chanos dan udang. Karena dedgradasi kondisi ekosistem asli, daya dukung lingkungan untuk menyediakan nutrient menjadi faktor pembatas utama pertumbuhan populasi dan keberlangsungan hidup species yang ada. Permasalahan ini telah diupayakan pemecahannya melalui pelaksanaan pembinaan habitat dengan merehabilitasi tegakan bakau dengan jenis Rhizopora mucronata. Tegakan tersebut selain berfungsi sebagai tempat bermain dan mencari makan, juga berfungsi sebagai green belt untuk menghindari terjadinya abrasi pantai yang lebih jauh ke arah daratan. Konversi ekosistem bakau, di satu pihak telah menyingkirkan sebagian species asli yang mengkonsumsi cacing di lumpur bakau (jenis-jenis dari famili Threskiornithidae dan Anatidae), dan di satu pihak telah mendukung pertumbuhan populasi secara mantap (steady state density) bagi jenis-jenis burung pemakan ikan dan krustacea, terutama jenis-jenis Ardeidae. Aksesibilitas menuju Suaka Margasatwa Mampie dapat dicapai dengan jalur darat dan laut  dari Polewali sebagai Ibukota kabupaten Polewali Mandar. Jarak darat dari Polewali ke Mampie ekitar 15 kilometer

0 komentar:

Posting Komentar

MAU ANU SAICCO` MUA` DITARIMAI MACOWAI MAPIA TOI BARAKKA`NA LULLUARE`